• SMK AUTO MATSUDA
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Belajar Matematika itu Mudah

Belajar itu Proses Untuk Menjadi Bisa, dari tidak bisa pasti akan bisa jika kita mengikuti Proses Pembelajaran dengan sebaik mungkin. Tidak ada yang tiba-tiba pintar, semua memerlukan proses.

Jika ditanya oleh guru "Belajar Mata Pelajaran Apa yang ditakuti di Sekolah ?", Sudah pasti Kebanyakan Pelajar menjawab "Pelajaran Matematika". Mereka menganggap pelajaran ini adalah pelajaran yang paling sulit dan menyeramkan.

Apakah kalian yang sekarang Sedang Membaca tulisan ini juga Sama Jawabannya.

Alasannya sangat klasik sekali, ditanya kenapa tidak Suka Mata Pelajaran Matematika ?, Dijawabnya itu "Ga Bisa", Nah Kalau Memang Ga Bisa Berarti Haruslah Belajar supaya Pintar Matematika.

Bagi kamu yang memiliki pemikiran serupa, jangan khawatir. Terdapat beberapa tips belajar matematika dengan mudah, seperti dilansir How To Study.

Ini Tips nya, yaitu :

  1. Latihan

Pelajaran Matematika tidak hanya dilihat dan didengarkan saja, tapi haruslah sering berlatih.Kerjakan PR dan Tugas matematika yang diberikan, cara ini sangat efektif untuk melatih mengaplikasikan rumus dalam penyelesaian soal.

  1. Jangan Tertinggal

Pelajaran matematika adalah pelajaran yang berkelanjutan. Apa yang kamu pelajari hari ini adalah sambungan dari materi sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan kamu hadir di setiap pelajaran matematika. Sebab, jika kamu tertinggal sulit untuk mengejarnya, terlebih jika kamu melakukannya di menit-menit terakhir sebelum ujian.

  1. Sering Belajar

Matematika termasuk pelajaran yang kompleks. Kamu harus lebih sering belajar matematika dibandingkan dengan pelajaran lain. Meskipun demikian, pelajaran lain juga sama pentingnya dengan pelajaran matematika.

  1. Jangan Menghafal seluruh rumus

Hal ini tidak bisa kamu lakukan karena rumus matematika terlalu banyak. Cobalah dengan memahami konsep-konsep kunci. Cara ini akan lebih memudahkanmu dalam menyerap materi matematika tanpa harus banyak mengingat rumus.

  1. Pengulang

Setelah kamu mengetahui cara untuk menyelesaikan suatu masalah dalam matematika, cara tersebut sering bisa digunakan juga untuk menyelesaikan masalah lainnya. Untuk itulah, saat ada masalah baru, coba gunakan cara lama yang sudah dipelajari sebelumnya.

  1. Pelajari Kosakata Matematika

Terkadang, kata yang digunakan dalam matematika memiliki arti yang berbeda dari kata yang sama ketika digunakan di luar matematika. Tulislah istilah-istilah matematika dalam catatan Kecil, tempel di objek yang sering kamu kunjungi seperti Cermin, pintu masuk kamar atau dinding kamar.

  1. Percaya diri

Kepercayaan diri saat mengerjakan soal matematika, akan menimbulkan konsentrasi yang maksimal saat proses belajar dan berlatih soal.

Semoga tips ini bisa Membantu peserta didik Mudah belajar Matematika.

 

Penulis Ulpah Lisbadiyah, S.Pd.I

Guru SMK Auto Matsuda

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Seluruh Civitas Akademika SMK Auto Matsuda mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon Maaf Lahir & Batin.  

Dilihat :1kali 24/05/2020 11:50 - Oleh ICTcenter
Tersentuh Kisah Pilu 'Manusia Kayu' TIM Auto Peduli Sambangi Kediamannya.

Maleber – Teti Darmiati (32) masih terbaring lemas di tempat tidur menahan beban sakit seluruh badanya yang kaku tanpa bisa digerakan. Beliau adalah salah satu warga Dusun 4 Patar

Dilihat :1kali 21/05/2020 12:08 - Oleh ICTcenter
Pengalaman Pertama Jadi Guru

Ini sebenarnya hanya cerita lama namun saya mencoba untuk kembali mengingat pengalaman pertama menjadi seorang guru. Pengalaman yang tak sesuai dengan teori dan PPL saya sewaktu masih d

Dilihat :1kali 20/05/2020 20:43 - Oleh ICTcenter
Peduli Covid -19, SMK Auto Matsuda Berbagi Kepada Warga

Maleber – Dampak pandemi covid-19 sangat terasa untuk masyarakat kalangan bawah khususnya. Banyak dari mereka kehilangan pekerjaan, pendapatan berkurang, bahkan menganggur tanpa p

Dilihat :1kali 20/05/2020 19:44 - Oleh ICTcenter
BUKU ADALAH GUDANG ILMU, SELAMAT HARI BUKU NASIONAL

Hari ini 17 mei adalah hari BUKU Nasional, hari yang mungkin hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya, hari yang mungkin dianggap biasa saja, namun untuk ke depannya saya berharap

Dilihat :1kali 17/05/2020 10:44 - Oleh ICTcenter