• SMK AUTO MATSUDA
  • Nasionalis, Religius

MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DAN ABSENSI AUTO REPLAY

Maleber - Pembelajaran daring atau luring sangat efektif sebagai solusi untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan terutama di SMK Auto Matsuda. Membuat kelas online atau e-learning class merupakan kebutuhan untuk saat sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat jarak dan waktu tidak lagi menjadi masalah. Jum,at(08/05/2020).

Pembelajaran yang biasa dilakukan didalam kelas, saat ini dengan memanfaatkan teknologi yang ada dapat dilaksanakan secara daring dengan menggunakan kelas online atau bisa dengan e-learning gratis yang banyak disediakan platform.

Banyak aplikasi e-learning gratis dan kelas online yang memberikan fasilitas e-learning atau pembelajaran online secara gratis, misalnya saja Google Form, Google Classroom, Moodle, Rumah Belajar Kemdikbud dan lain sebagainya.

Yang mana semua aplikasi tersebut dapat dipergunakan secara gratis dan mudah dioperasikan, namun terlepas dari itu, pada saat ini guru juga harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada, termasuk e-learning atau kelas online.

Menurut Bapak Cahyadi, S.Kom saat dihubungi melalui telephone selulernya mengatakan "Implementasi pembelajaran online yang sudah berjalan beberapa bulan ini secara umum berjalan lancar. Seiring perjalanan waktu sudah banyak permasalahan yang muncul yaitu keluhan dari para siswa". Pak, saya tidak cukup kuota untuk melakukan Vicon Pembelajaran dan Pak, saya paket kuota chat. Imbuhnya.

Oleh karena itu saya berpikir bagaimana caranya agar siswa yang mempunyai kuota sedikit dan siswa yang menggunakan paket chat masih bisa mengikuti pembelajaran online ini.
Jalan keluarnya yaitu saya membuat media pembelajaran yang bisa di akses oleh para siswa yang memiliki kuota sedikit atau paket chat menggunakan Bot Apk Telegram yang telah di modifikasi.

Untuk materi pelajarannya para siswa tidak usah mendownload tapi tinggal menekan menu-menu yang ada disana maka akan muncul secara otomatis materi-materi tersebut. Bukan hanya materi, tugas-tugas, atau Ujian, untuk mengisi absen siswa pada saat pembelajaran online bisa di akses di sana secara auto replay siswa tinggal menekan pilihan menu kehadiran di bot apk telegram tersebut. (Nars)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
EKSKUL PMR SMK AUTO MATSUDA BERSAMA PMI KUNINGAN MELAKSANAKAN KEGIATAN DONOR DARAH

Maleber (04/11), Donor darah di SMK AUTO MATSUDA merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakurikuler PMR SMK AUTO MATSUDA yang telah menjadi proker (Program Kerja) tahunan yang

04/11/2021 16:55 WIB - ICT MATSUDA
PENUTUPAN IHT (IN HOUSE TRAINING), KETUA PEMBINA YAYASAN RAIHAN MERASA BANGGA & TERHARU

Kuningan, (02/11) SMK AUTO MATSUDA, telah melaksanakan In House Training (IHT) yang bertempat di Hotel Ayong Linggarjati, pada Hari Terakhir Pelaksanaan IHT semua Peserta IHT yaitu guru

04/11/2021 16:41 WIB - ICT MATSUDA
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI KEGIATAN IHT (IN HOUSE TRAINING) SMK AUTO MATSUDA

Kuningan, (01/11) IHT merupakan Singkatan dari  In House Training adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya

03/11/2021 11:51 WIB - ICT MATSUDA
PENCAK SILAT SMK AUTO MATSUDA BERSINAR DI TINGKAT NASIONAL

Kuningan, (02/11) dalam masa Covid-19 tahun sekarang, Langkah SMK AUTO MATSUDA dalam bidang olah raga, khususnya pencak silat sangat-sangat gemilang, dalam even IPSI & KEMENPORA tin

02/11/2021 15:46 WIB - ICT MATSUDA
Pramuka SMK AUTO MATSUDA Kembali sabet Gelar JUARA

Kuningan, (31/10) Ekskul Pramuka Smk Auto Matsuda Meraih Penghargaan Kembali di 2 bidang perlombaan. Meskipun Perlombaan yang diselenggarakan di Perkemahan Bakti Saka Wirakartika Pangka

01/11/2021 10:20 WIB - ICT MATSUDA