• SMK AUTO MATSUDA
  • Nasionalis, Religius

KCD Wilayah X Jawa Barat Lakukan Verifikasi UKK SMK Auto Matsuda

Maleber - Pada hari Selasa 30 Maret 2021 pengawas SMK dari dinas pendidikan Wilayah X Jawa Barat melaksanakan verifikasi UKK/Ujikom ke SMK Auto Matsuda. Kegitan tersebut di laksanakan oleh Ibu Yoyoh yang bertugas sebagai verifikator. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan sekolah dalam mempersiapkan ujian kompetensi kejuruan tahun 2021. Acara di awali dengan open meeting yang dihadiri oleh jajaran yayasan raihan matsuda, manajemen sekolah, Penguji internal  dan panitia pelaksana UKK Masing-masing jurusan. Dalam sambutannya Ibu Yoyoh menyampiakan pentingnya pemenuhan standar peralatan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang di tentukan. Peninjauan Lokasi dan verifikasi peralatan berjalan dengan lancar dengan estimasi waktu 1-2 jam diawali dengan mengecek Lab di Program Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), Perbankan Syariah (PSY), Multimedia (MM), Teknik Bisnis & Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dengan melakukan penilaian dan setelah selesai dilanjutkan dengan evaluasi atau masukan dari tim verifikator kepada pihak sekolah.


Sebagaimana di himpun dari situs https://psmk.kemdikbud.go.id bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk (1) Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik; (2) Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik; (3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik; (4) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran; dan (5) Mengetahui pencapaian kurikulum. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami esensi penilaian dan memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang telah ditetapkan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. 

Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang dinilai secara individual untuk membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi. 


UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.


Perangkat UKK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian. Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :
Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa


Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah instrumen yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria/rubrik penilaian.
Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Marhaban Ya Ramadhan 1442 H

Maleber - Civitas SMK Auto Matsuda mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1442 H/ 2021. Berikut jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H

Dilihat :1kali 13/04/2021 12:45 - Oleh ICTcenter
Pembahasan Modul UKK TKJ Paket 4

Kita akan membahas tentang penyelesaian soal UKK TKJ 2019/2020 Paket 4 tentang setting mikrotik hotspot dengan radius server. Bagi kalian, para siswa jurusan TKJ (Teknik Komputer

Dilihat :1kali 03/03/2021 07:57 - Oleh ICTcenter
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2020/2021

Maleber - Menjelang tahun ajaran baru, sekolah akan disibukkan dengan kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). tentu, ada petunjuk teknis yang telah diberikan oleh pemerintah mela

Dilihat :1kali 19/02/2021 08:53 - Oleh ICTcenter
PROFILE SMK AUTO MATSUDA

Dilihat :1kali 11/02/2021 16:33 - Oleh ICTcenter
SMK Automatsuda sediakan wadah bagi murid yang ingin berprestasi dibidang otomotif , termasuk balap motor ... !!!

Maleber - Salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Auto matsuda membuat terobosan baru dengan menyediakan wadah bagi para siswa-siswi nya dibidang otomotif , salah satunya dibida

Dilihat :1kali 12/01/2021 07:56 - Oleh ICTcenter