• SMK AUTO MATSUDA
  • Nasionalis, Religius

Guru SMK Auto Matsuda Wakili Kab Kuningan Dalam Program Pelatihan Upskilling

Maleber  - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan program kawin massal antara dunia industri dan pendidikan vokasi. Guna mendukung program tersebut, ribuan guru ditingkatkan dan diperbarui kecakapannya.(20/10/20)

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengungkapkan, perkembangan teknologi di industri sudah sangat cepat. Karenanya, SMK harus mampu beradaptasi dengan pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual dengan industri. Salah satunya, dilakukan melalui skema pembelajaran project by learning atau bring industry to school.

Meski pembelajaran SMK tetap 60 persen mengedepankan praktik, tetapi seluruh mata pelajaran baik praktik maupun teori harus dikontekstualisasi dengan kondisi real di industri. Oleh sebab itu, up skilling dan re skilling guru menjadi sangat penting.

“Guru SMK tidak hanya mengajar, tetapi juga sebagai mentor, fasilitator, motivator, dan coach yang dapat mengubah nobody menjadi seorang superstar,” tuturnya pada Webinar Peluncuran Program Up-skilling dan Re-skilling Guru Kejuruan SMK dan Bantuan Pemerintah Bidang Kemitraan dan Penyelarasan dengan DUDI, Selasa (20/10).

Bukan hanya ketika masih belajar di sekolah, tp juga mampu membangkitkan anak menjadi kompeten setelah lulus SMK. Baik secara prestasi, leadership, ability, dan kemampuan komunikasi.

nantinya, program Up-skilling dan Re-skilling Guru Kejuruan SMK akan dilakukan secara online learning dan blended learning. Disesuaikan dengan kompetensi dan keterampilan kejuruan yang akan dicapai guru. Pelatihan dilaksanakan selama 15 hari Daring selama 1 minggu dan luring selama 8 hari bertempat di hotel Banana In Bandung  terbuka bagi guru SMK yang memiliki usia di bawah 50 tahun dan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). 

Untuk perwakilan kabupaten kuningan dari jurusan Multimedia diwakili oleh Bapak Muhammad Sirojudin, S.Kom dari SMK Auto Matsuda kuningan. dari jumlah peserta yang mengikuti dari berbagai sekolah hanya ada 25 peserta dari jurusan Multimedia.

 

“Setiap program bagi SMK dipastikan mindset SDM-nya sudah berubah menjadi terbuka, bukan lagi SMK yang kaku. Dengan begitu, pernikahan massal ini akan berlangsung dengan baik, begitu juga SMK yang sudah punya kemitraan dengan industri juga semakin kuat,” tandasnya.(Nars)

berikut adalah jadwal kegiatan :

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UJIAN PRAKTIK

Selamat Melaksanakan Ujian Praktik Semester Ganjil untuk Semua Siswa/i SMK Auto Matsuda Tahun Pelajaran 2023/202427 Nopember - 01 Desember 2023

01/12/2023 10:09 WIB - ICT MATSUDA
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2023-2024

SMK Auto Matsuda membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 yang di bagi menjadi 3 (tiga) gelombang yaitu :  Gelombang 1 Mulai Tanggal 20 Desember s.d. 2

30/12/2022 17:20 WIB - ICT MATSUDA
GURU SMK AUTO MATSUDA BICARA DI FORUM INTERNASIONAL SINGAPURA

SMK Auto Matsuda bekerja sama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembicara dalam kancah internasional. SMK Auto Matsuda mendelegasikan sa

04/11/2022 08:54 WIB - ICT MATSUDA
PERPISAHAN & PELEPASAN SISWA KELAS XII SMK AUTO MATSUDA

Maleber, (02/06) Sebanyak 404 siswa SMK Auto Matsuda Diwisuda. Acara dikemas dengan judul Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII TP 2021/2022. Acara digelar pada Kamis 02, Juni 2022 b

06/06/2022 10:34 WIB - ICT MATSUDA
KEGIATAN PENINGKATAN BUDI PEKERTI "SmartTren RAMADHAN" di SMK AUTO MATSUDA TAHUN 2022

Maleber,(11/04) Marhaban ya Ramadhan, SMK AUTO MATSUDA memulai kegiatan di bulan Suci Ramadhan dengan acara  SmartTren dengan bertema " Kuatkan Aqidah Memantapkan Ibadah untuk Meni

12/04/2022 10:00 WIB - ICT MATSUDA