• SMK AUTO MATSUDA
  • Nasionalis, Religius

Disnakertrans Visitasi BKK SMK Auto Matsuda

Maleber - Guna meminimalisir pengangguran di Kota Kuningan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan melakukan upaya visitasi dan memberikan informasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menyalurkan tenaga kerja. Selasa, (8/9/20)

 
Kepala Seksi Inforasi Pasar Kerja Maman Lukman, SE didampingi Andi Setiady seksi pengantar kerja mengatakan, upaya tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada sekolah mengenai dunia kerja industri dan untuk pemeriksaan legalitas tanda daftar Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Auto Matsuda. 
 
"Menurutnya , program ini cukup direspon positif oleh perusahaan maupun oleh sekolah. Pihak perusahaan sendiri membuka kesempatan lebar bagi anak-anak SMK untuk praktek di perusahaan sesuai dengan komptensi dasar masing-masing, sehigga dapat meminimalisir tidak tersalurkannya para lulusan SMK.
“Selain itu juga tentu program ini dapat memperkecil kemungkinan adanya lowongan kerja yang tidak terisi akibat tidak ada calon pelamar yang tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan," tutur Maman.
 

Sementara Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Auto Matsuda, Lessy Widya P, S.Pd mengungkapkan bahwa ke depan bangsa Indonesia membutuhkan anak-anak yang terampil. Sehingga harus tetap belajar dan menuntut ilmu sebagai bahan untuk mencapai cita-cita.

“Saat ini bangsa Indonesia membutuhkan ketrampilan dari para anak muda sehingga bisa menambah wawasannya dalam mencari tenaga kerja. Didalam sekolah diberi teori tentang pekerjaan dan kami akan memberikan bekal ketrampilan,” ujarnya.

Andi menerangkan di Kabupaten kuningan telah tersedia UPT BLK (Balai Latihan Kerja) sehingga menambah ketrampilan anak-anak yang dapat masuk dalam ketrampilan. Karena memang didalam pekerjaan ke depan yang dibutuhkan adalah skill. Tidak hanya teori tapi ketrampilan yang cocok sesuai dengan keahlian masing-masing.

“Kami berupaya untuk menambah ketrampilan lebih baik lagi. Artinya yang dibutuhkan oleh perusahaan sudah kita tangkap dengan memberikan ketrampilan. Mudah-mudahan lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu dan meningkatkan ketrampilan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SMK Auto Matsuda H. Suharto, S.Pd mengatakan  Memasuki dunia kerja tidak selalu mengandalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal, terkadang dibutuhkan skill/ketrampilan dan juga karakter building untuk menunjang proses memasuki dunia kerja,” katanya..

Selain itu Kepala SMK Auto Matsuda Mengucapkan banyak terimakasih kepada Disnakertrans yang telah berkenan hadir dan memberikan arahan serta informasi untuk peserta didik khusunya SMK Auto Matsuda dan umumnya untuk warga kabupaten Kuningan. (Nars)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UJIAN PRAKTIK

Selamat Melaksanakan Ujian Praktik Semester Ganjil untuk Semua Siswa/i SMK Auto Matsuda Tahun Pelajaran 2023/202427 Nopember - 01 Desember 2023

01/12/2023 10:09 WIB - ICT MATSUDA
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2023-2024

SMK Auto Matsuda membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023-2024 yang di bagi menjadi 3 (tiga) gelombang yaitu :  Gelombang 1 Mulai Tanggal 20 Desember s.d. 2

30/12/2022 17:20 WIB - ICT MATSUDA
GURU SMK AUTO MATSUDA BICARA DI FORUM INTERNASIONAL SINGAPURA

SMK Auto Matsuda bekerja sama dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembicara dalam kancah internasional. SMK Auto Matsuda mendelegasikan sa

04/11/2022 08:54 WIB - ICT MATSUDA
PERPISAHAN & PELEPASAN SISWA KELAS XII SMK AUTO MATSUDA

Maleber, (02/06) Sebanyak 404 siswa SMK Auto Matsuda Diwisuda. Acara dikemas dengan judul Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII TP 2021/2022. Acara digelar pada Kamis 02, Juni 2022 b

06/06/2022 10:34 WIB - ICT MATSUDA
KEGIATAN PENINGKATAN BUDI PEKERTI "SmartTren RAMADHAN" di SMK AUTO MATSUDA TAHUN 2022

Maleber,(11/04) Marhaban ya Ramadhan, SMK AUTO MATSUDA memulai kegiatan di bulan Suci Ramadhan dengan acara  SmartTren dengan bertema " Kuatkan Aqidah Memantapkan Ibadah untuk Meni

12/04/2022 10:00 WIB - ICT MATSUDA