• SMK AUTO MATSUDA
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Perbankan Syariah SMK Auto Matsuda Kunjungi Kemenkeu RI.

SMK Auto Matsuda - Pada tanggal 04 Februari 2020 Program Studi Perbankan Syariah melaksanakan kunjungan industri ke Kementrian Keuangan Republik Indonesia. kegiatan tersebut diikuti oleh bebepa siswa kelas X & XI Perbankan Syariah SMK Auto Matsuda. Adapun kegiatan tersebut dalam rangka memenuhi Program Kurikulum SMK yang dinamakan Kunjungan Industri (KI) kepada Perusahaan atau Instansi yang terkait dengan jurusan siswa bersangkutan.

Dalam materi yang disampaikan oleh Dr. Subhan di Aula Kementrian Keuangan, Siswa diperkenalkan mengetahui wawasan ekonomi islam, perbankan syariah dan perkembangan perbankan syariah di indonesia.

"Kunjungan industri ini dilakukan untuk mengenalkan kepada para siswa mengenai dunia kerja yang relevan dengan bidangnya," ujar H. Suharto, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Auto Matsuda.

" Selain itu juga, agar para siswa memiliki gambaran saat nanti lulus dan terjun di dunia kerja," imbuh H. Suharto.

Ada sebuah pertanyaan mengapa Kunjungan Industri ini wajib diadakan di setiap Sekolah Menengah Kejuruan? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah yang lebih berorientasi pada dunia kerja. Pada pendidikan kejuruan memberikan suatu bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaan – kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan.

Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Kegiatan pembelajaranpun tidak hanya terjadi di sekolah, namun kegiatan praktik industri di dunia kerja nyata sangat ditekankan untuk mendapatkan dan meningkatkan pengalaman bekerja di persaingan dunia kerja. Beberapa manfaat dari kunjungan Industri adalah dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas dalam dunia kerja, melihat secara langsung cara kerja, mendapat gambaran saat akan bekerja di perusahaan dan industri.

Ada beberapa tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:

  1. Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
  2. Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
  3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
  4. Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
  5. Membantu siswa melaksanakan program magang.

Setelah melaksanakan Kunjungan Industri di kementrian keuangan republik indonesia para Siswa/Siswi serta Guru Pembimbing SMK Auto Matsuda mengunjungi studio Trans 7 untuk menyaksinyan live Hitam Putih malam ini, saat dimintai keterangan Kepala Program Jurusan Perbankan Syariah Bapak Angga Hudaya Mirna, S.Pd, Ditutup dengan sesi foto bersama, kegiatan Kunjungan Industri SMK Auto Matsuda selesai digelar. Kami berharap semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat bagi siswa/i SMK Auto Matsuda.

 

Tulisan Lainnya
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Seluruh Civitas Akademika SMK Auto Matsuda mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon Maaf Lahir & Batin.  

Dilihat :1kali 24/05/2020 11:50 - Oleh ICTcenter
Tersentuh Kisah Pilu 'Manusia Kayu' TIM Auto Peduli Sambangi Kediamannya.

Maleber – Teti Darmiati (32) masih terbaring lemas di tempat tidur menahan beban sakit seluruh badanya yang kaku tanpa bisa digerakan. Beliau adalah salah satu warga Dusun 4 Patar

Dilihat :1kali 21/05/2020 12:08 - Oleh ICTcenter
Belajar Matematika itu Mudah

Belajar itu Proses Untuk Menjadi Bisa, dari tidak bisa pasti akan bisa jika kita mengikuti Proses Pembelajaran dengan sebaik mungkin. Tidak ada yang tiba-tiba pintar, semua memerlukan p

Dilihat :1kali 21/05/2020 11:52 - Oleh ICTcenter
Pengalaman Pertama Jadi Guru

Ini sebenarnya hanya cerita lama namun saya mencoba untuk kembali mengingat pengalaman pertama menjadi seorang guru. Pengalaman yang tak sesuai dengan teori dan PPL saya sewaktu masih d

Dilihat :1kali 20/05/2020 20:43 - Oleh ICTcenter
Peduli Covid -19, SMK Auto Matsuda Berbagi Kepada Warga

Maleber – Dampak pandemi covid-19 sangat terasa untuk masyarakat kalangan bawah khususnya. Banyak dari mereka kehilangan pekerjaan, pendapatan berkurang, bahkan menganggur tanpa p

Dilihat :1kali 20/05/2020 19:44 - Oleh ICTcenter